Google Kembangkan Fitur Anti Pencurian, Jaga Data di HP Android – suara – https://bit.ly/3VLTSNZ – #Opsitek #Techno #Tekno #Kopiminfo

June 17, 2024 at 11:25AM

Google Kembangkan Fitur Anti Pencurian, Jaga Data di HP Android

o_19jfsq7qr5pgbne12oi8j1jjca.jpg

Suara.com – Google sedang mengembangkan Anti-Theft System atau sistem anti pencurian yang terintegrasi di HP Android. Perusahaan kini menguji coba sistem tersebut di Brasil.

Tak menutup kemungkinan fitur juga hadir di Amerika Latin serta wilayah yang lebih luas. Google memilih Brasil sebagai tempat uji coba mengingat terdapat jutaan perangkat Android yang dicuri setiap tahunnya.

Sistem ini mengutamakan perlindungan data dan memanfaatkan berbagai sensor smartphone untuk mencegah akses yang tidak sah. Meski smartphone pengguna dicuri, mereka diharapkan masih mampu menjaga data serta mendeteksi lokasi perangkat.

Sebelumnya, perangkat diwajibkan untuk log-in ke akun Google serta terinstal aplikasi Find My Device. Sebagai informasi, beberapa kasus pencurian smartphone menimbulkan kerugian finansial lebih besar apabila pencuri mampu mengetahui data pribadi pengguna.

Baca Juga: Muncul di Database IMEI, HP Lipat Infinix Zero Flip Siap Meluncur

Penjahat dapat mengakses informasi pribadi, akun keuangan, dan kontak penting yang tersimpan di perangkat. Dikutip dari Gizchina, sistem anti-pencurian Google bertujuan untuk mencegah hal ini dengan menerapkan pendekatan berlapis. Beberapa pendekatan yang dilakukan mencakup:

Deteksi Gerakan

Dengan memanfaatkan sensor smartphone, ponsel dapat mendeteksi gerakan tiba-tiba yang mengindikasikan potensi pencurian dengan cara merampas. Hal ini memicu penguncian layar otomatis sehingga memerlukan kata sandi atau PIN untuk akses lebih lanjut.

Pengenalan Aktivitas Mencurigakan

Sistem tetap waspada bahkan saat ponsel dalam keadaan diam. Jika mendeteksi aktivitas yang tidak biasa, seperti internet terputus dalam waktu lama atau kartu SIM dicabut, sistem akan mengunci ponsel secara otomatis, yang selanjutnya menghalangi akses yang tidak sah.

Baca Juga: Cara Melakukan Screen Record di HP Xiaomi, Dijamin Mudah!

Kunci Jarak Jauh melalui Nomor Telepon

Dalam pendekatan baru, Google memperkenalkan fungsi kunci jarak jauh. Pengguna dapat mengunci ponsel mereka yang hilang atau dicuri dengan memasukkan nomor telepon mereka di situs web Google yang ditunjuk dan memverifikasi identitas mereka.

Load More

Artikel ini juga terbit di https://bit.ly/3VLTSNZ Artikel Teknologi lainnya di https://bit.ly/3LcK1Kh dan ikuti postingan kami di https://bit.ly/3qER1KN

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.