BRIN dan Perusahaan Perkebunan di Riau Lanjutkan Pengembangan Energi Baru Limbah Sawit – Liputan 6 – https://bit.ly/4ayWpAM #Opsiin #Kopiminfo

March 29, 2024 at 04:45AM

BRIN dan Perusahaan Perkebunan di Riau Lanjutkan Pengembangan Energi Baru Limbah Sawit

HEADLINE HARI INI
Waspada Kasus DBD di Indonesia Meningkat Drastis, Jurus Menghindarinya?

Badan Riset Inovasi Nasional melanjutkan kolaborasi apik bersama dengan Sub Holding Perkebunan Nusantara, PTPN IV PalmCo dalam pengembangan energi baru terbarukan limbah kelapa sawit.

oleh M Syukur diperbarui 28 Mar 2024, 21:50 WIB

Para petinggi PTPN PalmCo meninjau salah satu pengelohan limbah cair sawit di Riau.

Para petinggi PTPN PalmCo meninjau salah satu pengelohan limbah cair sawit di Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Copy Link

Liputan6.com, Pekanbaru – Badan Riset Inovasi Nasional melanjutkan kolaborasi apik bersama dengan Sub Holding Perkebunan Nusantara, PTPN IV PalmCo. Kerjasama ini dalam pengembangan energi baru terbarukan limbah kelapa sawit.

Riset itu merupakan kerjasama lanjutan BRIN dan PTPN IV usai sukses melaksanakan penelitian dan pengembangan limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME) menjadi biogas di PalmCo Regional III Riau.

Lembaga bentukan Presiden Joko Widodo itu kini meneliti potensi peningkatan produksi biogas yang ramah lingkungan melalui tandan kosong kelapa sawit pasca proses pencacahan dan fermentasi sebelum dicampurkan ke dalam POME.

Kombinasi ini bertujuan agar gas methane yang diperoleh lebih baik dan stabil, sehingga energi yang diproduksi juga lebih konstan. Jika berhasil, maka kombinasi limbah cair dan padat menjadi biogas tersebut akan menjadi yang perdana di lingkungan PTPN.

"Terima kasih atas kerjasama baik yang terjalin selama ini, kerjasama yang langsung bisa dirasakan manfaatnya, baik itu biogas menjadi listrik, penurunan emisi gas rumah kaca, maupun mengurangi limbah," kata Wakil Kepala BRIN Prof Dr Ir Amarulla Octavian saat berkunjung ke Pekanbaru.

Penelitian BRIN sendiri di perusahaan sawit terluas di dunia ini dilangsungkan di areal kluster riset dan inovasi BRIN-PTPN IV PalmCo Regional III Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Lebih lanjut Amarulla menjelaskan, secara umum BRIN mengusung tiga konsep dalam melaksanakan riset, yakni reguler research, apply research, dan action research.

"Khusus di PTPN IV ini bisa kombinasi regular research dan apply research," katanya.

Artinya, tambah Amarulla, hasil penelitian yang telah dirasakan manfaatnya masih bisa dikembangkan lagi. Juga bisa dikembangkan ke regional lain, bagaimana teknologi yang sudah terbukti di sini. Begitu juga pihak yang sudah dapat manfaat dari BRIN kepada sektor lain.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.