Wajib Dicoba! Selain Pecel, Berikut ini Kuliner Khas Kota Madiun yang Tak Kalah Enak – Jawa Pos – https://bit.ly/3UGk0dO – #BerbagiInformasi #Kopiminfo

April 29, 2024 at 07:34PM

Wajib Dicoba! Selain Pecel, Berikut ini Kuliner Khas Kota Madiun yang Tak Kalah Enak – Jawa Pos

d9da1394de96b3619963ee9a628c9515-311688361.jpg

JawaPos.com – Selain menjadi pusat industri kereta api dan rumah dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Madiun juga dikenal karena beragam kuliner yang terkenal. Salah satunya adalah nasi pecel Madiun yang menjadi makanan khas yang paling terkenal di kota tersebut.

Jika sedang berlibur ke Kota Madiun, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya. Meskipun pecel Madiun sudah sangat terkenal, masih ada beberapa hidangan khas Madiun yang wajib dicoba karena pasti akan mengundang selera.

Dikutip dari traveloka, Sabtu, (27/4) Berikut adalah beberapa makanan khas Madiun yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga: 3 Tempat Kuliner yang Enak di Malang dengan Pemandangan Alam yang Indah, Wajib Banget Mampir

Soto Kutilang

Makanan yang dikenal sebagai Soto Kutilang ini memiliki nama yang unik dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Madiun selama bertahun-tahun. Meskipun telah ada sejak lama dan banyak munculnya kuliner modern, Soto Kutilang tetap diminati oleh berbagai kalangan, dari generasi ke generasi.

Soto Kutilang terbuat dari daging sebagai bahan dasar, namun bisa disajikan dengan berbagai pelengkap seperti daging empal, usus, babat, perkedel kentang, dan keripik tempe. Harganya sangat terjangkau, sekitar Rp 10.000 per porsi.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Blok M Square, Mulai dari yang Viral sampai Hidden Gem

Nasi Jotos

Seperti halnya nasi kucing di Yogyakarta dan Solo, serta nasi jinggo di Bali, di Madiun juga terdapat Nasi Jotos sebagai salah satu hidangan khasnya. Meskipun namanya terdengar unik, Nasi Jotos menawarkan cita rasa yang lezat meskipun dalam penyajiannya yang sederhana.

Biasanya dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak, aroma yang dihasilkan saat Nasi Jotos terkena uap dapat menggugah selera. Isi dari Nasi Jotos umumnya meliputi tempe, tahu, telur, sambal, dan bihun. Hidangan ini sangat cocok sebagai sarapan karena porsinya yang pas dan harganya yang terjangkau.

Baca Juga: Enak Pol! Rekomendasi 3 Tempat Kuliner di BSD dengan View Bagus, Wajib Banget Mampir

Pentol Corah

Jika dilihat dari namanya, Pentol Corah sudah menggambarkan bahwa makanan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung, rempah, dan daging. Meskipun istilah pentol tidak asing dan mudah ditemui sebagai jajanan.

Pentol Corah memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan pentol lainnya. Salah satunya adalah bentuknya yang tidak bulat seperti pentol pada umumnya, melainkan berbentuk seperti kotak dadu.

Selain itu, rasanya juga sangat istimewa, dengan cita rasa gurih yang sangat nikmat terutama saat disantap dengan saus pedas, yang bisa membuat orang ketagihan. Pentol Corah dapat ditemukan tidak hanya di pinggiran jalan Kota Madiun, tetapi juga di berbagai cafe di kota tersebut.

Baca Juga: Pagit-Pagit, Kuliner Ekstrem Karo Berbahan Dasar Isi Perut Lembu yang Dijadikan Sup Kuah Creamy, Berani Coba?

Lento

Salah satu hidangan tradisional khas Madiun yang terbuat dari singkong yang di serut kasar, dicampur dengan tempe basi, cabai keriting, cabe rawit, daun jeruk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, dan tepung terigu.

Hidangan ini sangat cocok bagi pecinta makanan pedas. Lento bisa ditemukan di berbagai jajanan pasar atau restoran di Kota Madiun, seringkali juga disajikan sebagai lauk tambahan untuk soto.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Legendaris Surabaya, Ada Lontong Kupang dan Rujak Cingur yang Sudah Puluhan Tahun

Rujak Petis

Rujak Petis merupakan makanan khas Madiun lainnya. Petis, yang merupakan bumbu khas Jawa Timur, termasuk dalam bahan dasarnya. Meskipun rujak biasanya menggunakan bumbu kacang dan gula Jawa, di Madiun rujak dibuat dengan menggunakan petis.

Bumbu petis terdiri dari petis udang, cabai, gula kacang, tanah goreng, dan pisang muda. Rujak ini biasanya disajikan dengan buah-buahan seperti nanas, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, dan tauge.

Dengan bahan-bahan yang beragam, hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan menjadi salah satu kuliner wajib dicoba ketika mengunjungi kota Madiun.

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini..

Artikel ini juga terbit di https://bit.ly/3UGk0dO Artikel Berbagi Informasi lainnya di https://bit.ly/3SS57m9 Ikuti Informasi lainnya di https://bit.ly/49E6VGC

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.